Lowongan Desk Finance Officer dan Project Officer

Selasa, 26 Juli 2011 ·


*Indonesia AIDS Coalition (IAC) *adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat
(LSM) yang bekerja untuk isu penanggulangan HIV dan AIDS di wilayah kerja
Indonesia dan berkedudukan di Jakarta. IAC bekerja khususnya untuk
mempromosikan kebijakan publik yang berpihak pada komunitas terdampak AIDS
serta hak-hak kelompok minoritas dan perempuan.

Saat ini IAC membutuhkan staff yang bersedia untuk bergabung dalam program
“Promosi transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat sipil dalam
penanggulangan AIDS”, dengan posisi dan kriteria sebagai berikut :

*1. Finance Officer*

Durasi kontrak selama 1 tahun dengan percobaan 3 bulan dan kemungkinan
perpanjangan di akhir kontrak.

 *Tanggung Jawab Kunci:*

*Koordinasi Keuangan*

1. Finance officer akan bertanggung jawab kepada Koordinator IAC.

2. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan praktek-pratek dan system keuangan
dan menjamin kesesuaiannya dengan prosedur organisasi

3. Memonitor, memberikan saran dan menjamin pelaksanaan praktek-praktek
keuangan mitra terutama terkait pelaksanaan proyek organisasi

4. Menjamin transaksi keuangan dan bank (untuk kantor dan proyek)

5. Mengidentifikasi dan membuat/mengadaptasi sistem keuangan untuk memenuhi
kebutuhan program

6. Melakukan audit finansial teratur untuk mitra proyek dan memimpin kerja
koordinasi antara Project Officer, Project assisten dan auditor external

7. Memastikan pelaporan keuangan sesuai dengan standar donor dan kebijakan
keuangan

*Pengelolaan Keuangan*

*
*

1. Menjamin semua laporan keuangan akurat, sesuai dengan deadline dan
menjamin kualitas pelaporan keuangan

- Memverifikasi semua laporan keuangan kantor untuk keperluan internal
dan eksternal; laporan pengeluaran bulanan (monthly expenditure); laporan
pajak, laporan keuangan ke donor etc
- Memberikan informasi pengelolaan keuangan yang terbaru/bulanan untuk
proyek sesuai dengan kesepakatan dengan staff proyek
- Memverifikasi dan mengkonsolidasi cashbook dari transaksi keuangan
bulanan ke dalam system keuangan organisasi
- Menyiapkan laporan bulanan organisasi sesuai keperluan organisasi.

2. Bekerjasama dengan staf proyek, dalam proses budgeting, monitoring dan
evaluasi serta mengkaji laporan keuangan mitra proyek

3. Membuat system finansial bersama mitra proyek untuk menjamin
praktek-praktek yang baik dan akuntabel

4. Bertanggungjawab terhadap dokumentasi keuangan dan system
pendokumentasian keuangan dari proyek dan pelaksanaan program organisasi

 *Kompetensi/Kualifikasi Kunci*

1. Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun dibidang keuangan/akunting

2. Diutamakan perempuan

3. Pendidikan minimal D3 Akutansi (S1 akuntansi diutamakan)

4. Terlatih dan memiliki pengalaman kerja dalam akunting, budgeting dan
pengelolaan keuangan (diutamakan)

5. Memiliki pengalaman dan pengetahuan terkait pelaporan untuk donor,
merupakan nilai tambah

6. Mampu menggunakan computer (MS office dan email) dan internet

7. Mempunyai ketrampilan komunikasi yang baik dan dapat berbahasa Inggris
secara aktif

8. Mampu bekerja sendirian/independent, punya rasa tanggungjawab dan
berinisiatif

9. Ketrampilan hubungan interpersonal yang baik dan memiliki pengalaman
bekerja dalam tim kecil

10. Mempunyai perhatian terhadap detil dan teliti

11. Tertarik untuk bekerja di LSM

12. Memiliki komitmen untuk bekerja di organisasi untuk mencapai
visi/misinya, termasuk kesetaraan gender, kesempatan yang sama dll yang
sesuai dengan nilai2 yang dianut organisasi

*2. Project Assistant*

Durasi kontrak selama 1 tahun dengan 3 bulan percobaan dan kemungkinan
perpanjangan di akhir kontrak.

 *Tanggung Jawab Kunci:*

*
*

1. Membantu Project Officer untuk memberikan dukungan pada organisasi mitra
proyek, melalui kunjungan dan dialog teratur, dengan memberikan perhatian
pada:

- Penilaian proyek, monitoring dan evaluasi, termasuk monitoring keuangan
- Mengidentifikasi kebutuhan untuk pengembangan kapasitas, dengan
berperan sebagai narasumber dan/ mengidentifikasi narasumber yang bisa
memberikan asistensi pengembangan kapasitas
- Berjejaring dengan mitra (dan non mitra) secara bersama untuk
mengembangkan pengalaman mereka.

2. Mengidentifikasi daerah, kelompok dan inisiatif baru yang mana organisasi
dapat membantu, mengkaji hal ini dan melaporkannya pada proyek
officer/coordinator, termasuk untuk fund raising dan kesempatan pendanaan

3. Menjamin bahwa semua kerja organsasi mempertimbangkan dan mengatasi
masalah ketidak setaraan gender, termasuk memberikan asistensi pada mitra
organisasi untuk perencanaan program dan pelaksanaan program yang adil
gender

4. Menghasilkan laporan tertulis untuk semua kegiatan yang berinteraksi
dengan mitra, termasuk laporan kunjungan regular, untuk keperluan organisasi

5. Membuat draft laporan naratif proyek untuk donor yang diserahkan pada PO

6. Melaksanakan kerja-kerja administrative yang dibutukhkan bersama mitra,
sesuai dengan kebijakan dan prosedur keuangan organisasi

7. Membangun kerjasama dengan staff organisasi pemerintah dan organisasi non
pemerintah serta organisasi tinggkat nasional/lokal lainnya sesuai kebutuhan
untuk mencapai tujuan dari proyek

8. Memberikan update teratur kepada Proyek Officer terkait perkembangan
dalam pelaksanaan proyek, status dari proyek dan perkembangan lainnya yang
bisa mempengaruhi kerja-kerja proyek/organisasi

 *Kompetensi/Kualifikasi Kunci*

*
*

1. Diutamakan Perempuan atau Waria

2. Pendidikan minimal SMU

3. Memiliki pengalaman kerja dengan LSM lokal atau organsisasi akar
rumput/komunitas minimal 3 (tiga) tahun, dan memiliki pengetahuan dan
pemahaman terkait situasi dan lingkungan LSM di Indonesia, dinamika dan cara
kerjanya

4. Mampu berbahasa Inggris lebih diutamakan

5. Paham soal isu-isu HIV, gender dan HAM dalam pembangunan dan berkomitmen
untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemenuhan HAM

6. Mampu mengoperasikan komputer minimal program microsoft office (word,
excel dan power point) dan internet.

7. Mampu bekerja sesuai inisiatif sendiri untuk membangun dan mengembangkan
tugasnya, dengan kemampuan untuk bekerja secara efektif sebagai bagian dari
sebuah tim

8. Memiliki ketrampilan komunikasi verbal dan tertulis yang baik

9. Mampu mengembangkan relasi dengan orang lain yang berasal dari latar
belakang yang berbeda (seperti kelompok pecandu, Waria, Gay, Pekerja Sex dan
orang dengan HIV/AIDS)

Kirimkan surat lamaran dan CV paling lambat tanggal 5 Agustus 2011 dan
ditujukan kepada :

*Human Resources Development IAC* dengan alamat email : hrd@iac.or.id

Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan dihubungi oleh IAC.

*IAC sangat mendukung orang hidup dengan HIV dan AIDS (ODHA) untuk bekerja
bersama kami.*

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posting

Followers

 
Top

e-kapaloe blog | Copyright © 2011 All right reserved.