Telkomsel Prediksikan LTE Mulai Marak Akhir 2012

Rabu, 20 Juli 2011 ·


Shanghai (ANTARA) - PT Telekomunikasi Seluler memprediksikan teknologi "long term evolution" atau LTE akan mulai marak diaplikasikan di Indonesia pada akhir 2012 atau awal 2013.

Kepala Komunikasi Perusahaan Telkomsel Ricardo Indra saat kunjungan sejumlah media Indonesia ke Kantor Pusat Riset dan Pengembangan Huawei Technologies Co Ltd di Shanghai, China, Selasa mengatakan, pihaknya sudah siap memasuki era teknologi LTE yang biasa disebut generasi keempat (4G) itu.

"Tuntutan akan teknologi LTE terus meningkat. Kami siap menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi LTE," katanya.

Teknologi LTE merupakan layanan "mobile broadband" yang mampu memberikan fasilitas kecepatan data hingga 172 Mbps.

Wakil Presiden LTE Huawei Technologies Co Ltd Jason Hao pada kesempatan itu juga memperkirakan, sebagian besar operator telekomunikasi besar dunia akan mengoperasikan teknologi LTE pada 2012.

"Operator-operator lain akan menyusul hingga 2016," katanya.

Ricardo mengatakan, pihaknya tidak hanya sekadar mengikuti kecenderungan teknologi telekomunikasi yang sedang berkembang, namun juga melihat kebutuhan konsumennya.

Sekarang ini, lanjutnya, dari pelanggan Telkomsel yang sudah berjumlah 105 juta, sekitar 40 juta di antaranya merupakan pengguna internet.

"Konsumen sekarang ini sudah terbiasa dengan internet menyusul munculnya `facebook` dan `twitter`," ujarnya.

Menurut dia, kehadiran media sosial tersebut makin menuntut pentingnya teknologi LTE.

Kepala Perencanaan Teknologi Strategis Telkomsel Pratignyo Arif Budiman mengatakan, secara teknologi, Telkomsel sudah siap mengaplikasikan LTE.

"Sekarang pun kami sudah siap. Namun, pengaplikasian LTE ini tergantung alokasi spektrum dari pemerintah," katanya.

Ia mengatakan, LTE memiliki keunggulan dibandingkan teknologi sebelumnya antara lain biaya operasional dan investasi yang secara keseluruhan lebih murah.

Kelebihan lain adalah mampu memberikan layanan data yang lebih cepat, terjaminnya keamanan seperti dari penggandaan dan gangguan sinyal, dan dukungan ekosistem yang sudah terbentuk.

Menurut Pratignyo, sampai Juli 2011, tercatat sudah 24 operator di seluruh dunia yang menggunakan teknologi LTE.

Telkomsel, lanjutnya, juga sudah melakukan uji coba dengan empat mitra yakni Huawei, Ericsson, Nokia Siemens Networks, dan ZTE.

Uji coba itu dilakukan di tiga kota yakni Medan, Jakarta, dan Denpasar.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posting

Followers

 
Top

e-kapaloe blog | Copyright © 2011 All right reserved.